Sabtu, 20 April 2013

MENGELOMPOKKAN ARTIKEL

                                          TIPS MENGELOMPOKKAN ARTIKEL PADA BLOG/WEBSITE.                                                                                                                                                        Membuat posting yang banyak dan berkualitas adalah syarat utama meningkatkan trafik blog kita. Gimana? Setuju semua kan? Tapi bagaimana kalau posting yang kita buat sudah terlalu banyak dan mempunyai topik yang bermacam-macam? Audience atau pengunjung blog kita pasti terpaksa menghabiskan waktunya hanya untuk muter-muter mencari postingan yang sesuai dengan topik yang dia cari. Ini menjadi faktor yang bikin mereka merasa tidak nyaman berlama-lama di blog kita. Banyak sih para blogger nakal yang sengaja membuat visitor bingung dan terpaksa harus menjelajahi blog mereka dengan sedikit lebih "susah", untuk memperbesar jumlah pageviews, impressions, dsb. Tapi percaya deh, blog macam itu adalah blog yang dianggap sampah oleh Google maupun search engine manapun. Jadi sekarang apa tugas kita? Memperbaiki lalu lintas lokal blog kita? Membedakan diri dari blog sampah lainnya? Saya pikir itu yang dinamakan usaha.

Nah sobat blogger, kalau kita sering membuat posting blog secara rutin, suatu saat kita akan mengenal yang namanya Labels. Sebagai informasi, "label" adalah suatu penandaan atau pengelompokkan terhadap posting-posting blog kita yang memiliki topik atau kategori yang sama. Hampir sama dengan Blog Archive, namun Label mengelompokkan posting berdasarkan tema/topik, bukan berdasarkan tanggal pembuatan. Dengan begitu visitor tidak perlu bingung-bingung lagi mencari posting dengan topik tertentu atau sejenis di dalam blog kita. Biasanya pengunjung bakal bingung kalau kita tidak mengelompokkan posting-posting itu menurut kategorinya. Apalagi kalau semua jenis postingan itu tercampur enggak karuan. Kalau gini siapa yang susah coba? Label ini tugasnya juga sangat sederhana, cukup merapikan blog kita supaya lalu lintas dalam blog kita jadi lebih lancar dan mudah ditelusuri.

Pertama-tama untuk memasang label pada blog kita, kita harus menandai sejumlah posting blog kita yang mau kita kelompokkan. Terserah mau dikelompokkan berdasarkann apanya, tapi umumnya dikelompokkan berdasarkan topik atau tema artikel itu sendiri (ya iyalah!). Pemberian label ini dilakukan pas kita membuat posting yang bersangkutan. So, kita coba ya!

       1. Masuk Blogger. Masuk New Post seperti saat kita bikin posting baru.
       2. Lihat di bagian Post settings (sebelah kanan), klik option Labels.
       3. Tulis label yang ingin kamu berikan pada posting tersebut (lihat gambar di                     bawah). Pisahkan tiap label dengan tanda koma.
       4. Klik Done jika sudah selesai.

Memberikan label pada posting
Sekarang kita akan memasang widget "labels list" atau "categories list" sebagai daftarnya.

       1. Masuk Blogger. Klik nama blog kamu.
       2. Pilih menu Layout di bagian sidebar.
       3. Tentukan posisi dimana widget ini akan dipasang. Kemudian klik Add a Gadget.
       4. Muncul window baru. Pilih Labels.

Memasang widget Labels list
       5. Masuk ke pengaturan label. Atur settingannya sesuka kamu, seperti: title, shows,            sorting, dan display.
       6. Klik Save. Selesai.

Window pengaturan label
*Catatan: Label ini punya dua tampilan. Kamu bisa mengaturnya di kolom bagian Display. Tampilan yang pertama adalah "list" (seperti yang ada di sidebar blog ini: Categories). Dan yang kedua adalah "cloud" (tampilan mode terbaru). Pilih sesuka kamu, sesuaikan dengan posisi dan kecocokan dengan tampilan blog kamu. Dan ini dia, bisa kamu lihat contoh tampilannya di gambar berikut:

                               List mode                                Cloud mode

Kamu tau, hampir semua blog memasang label pada blognya. Ini karena label adalah option default yang sudah disediakan oleh Blogger. Belum sempat saya jelaskan, ternyata label juga ikut ambil bagian dalam sukses atau tidaknya blog kita. Kok bisa? Bisa aja, ini menyangkut SEO dan SERPyang akan saya jelaskan besok. Ya paling tidak kita sudah belajar satu tutorial melalui artikel ini. Dan semoga ini barmanfaat buat kalian semua!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar